ExpiresActive On expiration =’7d’ path=’*.css’/> expiration =’7d’ path=’*.js’/> expiration =’3d’ path=’*.gif’/> expiration =’3d’ path=’*.jpeg’/> expiration =’3d’ path=’*.jpg’/> expiration =’3d’ path=’*.png’/> =”expires” content=”sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT”/>

Cari Info Jual Bata Ringan

  • Macam - macam dan Fungsi Dinding Bangunan 081231313222 - 085100398222


    Dinding Bangunan

    apa itu dinding bangunan, fungsi dan perannya ?
    Kita sering melihat dalam kehidupan sehari-hari, tempat tinggal kita pasti memiliki dinding atau sering kita sebut dengan tembok, umumnya terbuat dari pasangan susunan bata merah, batu kapur putih, batako atau bata ringan. Jadi apa yang dimaksud dengan dinding ? Menurut Wikipedia Dinding adalah suatu struktur padat yang membatasi dan kadang melindungi suatu area. Umumnya, dinding membatasi suatu bangunan dan menyokong struktur lainnya, membatasi ruang dalam bangunan menjadi ruangan-ruangan, atau melindungi atau membatasi suatu ruang di alam terbuka.
    Dinding
    • Membatasi, melindungi dan menyokong suatu area bangunan
    Bangunan pada dasarnya terdiri dari pondasi, struktur bangunan dalam hal ini struktur beton kolom, balok maupun sloop. Bangunan dibuat menurut perencanaan denah yang terdiri dari beberapa ruangan, nah yang membatasi satu ruang dengan ruang yang lain maka diperlukan sebuah media penutup atau selimut yang terbuat dari bahan tertentu, itulah dinding. dinding yang dibuat sepanjang struktur yang ada juga bisa berfungsi sebagai penyokong atau tumpuan sebuah bagian lain dalam bangunan dalam hal ini misalnya rangka atap bangunan berikut atapnya.
    • Membatasi, melindungi dan menyokong suatu area di alam terbuka, dalam hal ini dapat diartikan secara umum sebagai dinding pagar suatu area terbuka.
    Jadi secara kasat mata dinding merupakan salah satu bagian dalam suatu bangunan yang memiliki fungsi utama, yaitu menyokong rangka atap termasuk material atap dan plafon atau langit-langit, membagi ruangan, serta melindungi terhadap intrusi dan cuaca dalam hal ini paparan sinar matahari, hujan, angin serta binatang dan tumbuhan dan sebagainya.

    Jenis Dinding

    Berdasarkan fungsinya, dinding terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
    1. Dinding partisi
    Dinding ringan yang memisahkan antar ruang dalam. Terbuat dari papan kayu, bambu, gypsum, fiber, tripleks atau Duplex
     2. Dinding pembatas.
    Dinding yang menandakan batas suatu lahan. Atau bisa disebut dinding Privasi, misalnya pagar.
    3.  Dinding penahan
    Dinding ini digunakan pada tanah yang berkontur dan dibutuhkan struktur tambahan untuk menahan tekanan tanah.
    4. Dinding Struktural
    Untuk menyokon atau menopang rangka atap serta atapnya dan sama sekali tidak menggunakan cor beton untuk membuat kolom. Konstruksinya sepenuhnya mengandalkan pasangan batubata dan semen
    5. Dinding Non Struktural
    Dinding yang tidak menopang beban, hanya sebagai pembatas apabila dinding di robohkan, maka bangunan tetap berdiri.
    Letak dinding ada dua yaitu :.
    • Interior
    • Eksterior

    Macam material dinding bangunan

                 Bambu
                 Papan Kayu
                 Tripleks
                 Board
                 Kaca
                 Bata merah
                 Batako
                 Bata Ringan
                 Panel Dinding

    Finishing Pekerjaan Dinding

                 Plaster
                 Aci
                 Cat
                 Wallpaper

    Selain fungsi utama yang telah disebutkan di atas, ada beberapa fungsi lain dari dinding yaitu:

    Fungsi kenyamanan, kesehatan, keamanan dan keindahan

    1. Sebagai pembatas ruang, memiliki sifat : privasi dan dalam skala, warna, tekstur.
    2. Sebagai peredam terhadap bunyi, baik dari dalam maupun dari luar.
    3. Sebagai pelindung terhadap gangguan dari luar (sinar matahari, isolasi terhadap suhu, air hujan dan kelembaban, hembusan angin, dan gangguan dari luar lainnya).
    4. Sebagai penahan radiasi sinar atau zat-zat tertentu seperti pada ruang radiologi, ruang operasi, laboratorium, dan lain-lain.
    5. Sebagai fungsi artistik tertentu.
    6. Sebagai pembentuk ruang, menambah keindahan ruang dan point of interest.

    Fungsi konstruksi

    - Sebagai pembatas dan penahan struktur (untuk fungsi tertentu seperti dinding, lift, resovoar dan lain-lain)
    - Sebagai pemikul. Itulah sebabnya konstruksinya harus kuat dan kokoh agar mampu menahan beban super struktur, bebannya sendiri serta beban horizontal.
    - Sebagai pembatas/partisi

    Berikut ini jenis-jenis dinding:

    1. Dinding Batu Bata Merah (Struktural & non Struktural)

    Dinding batu bata adalah dinding yang terbuat dari pasangan atau susunan dari bata merah yang paling sering digunakan dalam pembangunan baik perumahan sederhana maupun pembangunan gedung-gedung yang berukuran besar.
    Adapun kelebihan dari dinding batu bata yaitu:Kuat dan tahan lama,Kedap air, sehingga jarang terjadi rembesan pada tembok akibat air hujan, Keretakan relatif jarang terjadi.
    Namun, batu bata memiliki kekurangan tersendiri yaitu: Biaya yang cukup tinggi, Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan batako dan bata ringan.

    2. Batako Semen Pc / Batako Pres (Struktural & non Struktural)


    Batako pres dibuat dari campuran semen PC dan pasir atau abu batu. Jenis dinding ini ada yang dibuat secara manual (menggunakan tangan), ada juga yang menggunakan mesin. Pembuatannya menggunakan cetakan yang dipres secara maksimal, dan dibakar dengan tungku khusus, dengan panas yang tinggi. Ukuran harus tepat sehingga pemasangannya tidak perlu diadakan plesteran.
    Kelebihan dari dinding batako pres yaitu:Pemasangan batako lebih cepat, Kedap air sehingga sangat kecil terjadinya rembesan air,Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9 – 12 m2.
    Namun dinding batako pres memiliki kekurangan:Kekurangan dinding batako pres:Harga relatif lebih mahal dibanding batako tras, Mudah terjadi retak rambut pada dinding,Mudah dilubangi karena terdapat lubang pada bagian sisi dalamnya.

    3. Dinding Bata Kapur (Struktural & non Struktural)


    Banyak ditemui di sekitar Gresik, Lamongan, Tuban dan sebagian besar di Madura, beberapa kota pesisir pantai. Saat ini banyak digunakan pada rumah-rumah di pedesaan, pagar pembatas tanah, atau rumah sederhana. Dinding bata kapur terbuat dari campuran tanah liat dengan kapur gunung. Waktu pemasangan pun cepat dan sedikit memakaian adukan semen-pasir. Bila telah terpasang dan diplester dinding ini tidak akan terlihat dari tanah dan kapur.

    4. Dinding Bata Ringan atau Hebel (Struktural & non Struktural )


    Bata Ringan adalah material bata yang diproduksi berbahan utama pasir silika, semen, kapur, pasta pengembang diproses secara aerasi serta dikeringkan dengan cara dijemur atau menggunakan mesin autoclved. Bata jenis ini digolongkan dalam beton ringan. Bata ringan diproduksi dalam skala industri berteknologi lebih canggih dari bata merah, batu putih maupun batako. Dalam pemasangannya menggunkan semen mortar type perekat bata ringan jadi bukan menggunakan adukan PC.
    Bata ringan ini mempunyai dimensi ukuran yang bersudut siku, presisi, permukaannya relatif rata. Mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan bata merah, bata putih maupun batako.
    Saat ini hampir semua toko bangunan menjual bata ringan maupun perekatnya.
    Saat ini hampir semua proyek gedung bertingkat seperti perumahan, perkantoran, Mall, Hotel, Apartemen di kota kota besar telah menggunakan bata ringan. Bahkan untuk hunian pribadi juga telah beralih menggunakan bata ringan sebagai material pasangan dinding tempat tinggalnya.

    5. Dinding Partisi (non Struktural)


    Partisi atau sekat, jadi dinding ini memang dibuat untuk tujuan menyekat ruang dengan ruang lainnya dalam sebuah bangunan. Dinding partisi memiliki desain konstruksi yang lebih praktis dan ringan dibanding dengan konstruksi dinding yang lain seperti bata merah, bata putih, batako maupun bata ringan. Bahan partisi untuk dinding jenis ini termasuk bagus dan murah. Dinding partisi atau sekat dinding tidak dirancang atau dibuat untuk dinding luar (eksterior). Hal ini disebabkan bahan partisi atau sekat kurang kuat untuk menjamin faktor keamanan dari gangguan luar. Disamping tidak cocok untuk konstruksi terbuka, dinding partisi ini juga tidak dirancang untuk memikul beban yang berat. Bahan yang dipakai untuk dinding partisi biasanya  dari multiplek atau papan gipsum dengan ketebalan 9-12 mm.


    6. Dinding Batako (Struktural & non Struktur)


    Batako adalah batu buatan yang dalam pembuatannya tidak dibakar,bahannya dari tras dan kapur, juga dengan sedikit semen. Pemakaian batako lebih hemat dalam beberapa segi, seperti: per m2. Luas tembok lebih sedikit jumlah batu yang dibutuhkan, sehingga kuantitatif terdapat penghematan. Bentuk batu batako yang bermacam-macam memungkinkan variasi-variasi yang cukup, dan jikakualitas batu batako baik, dinding batako tidak perlu diplester. Batu batako dapat dibuat dengan mudah dengan alat-alat atau mesin yang sederhanadan tidak perlu dibakar.
    Kelebihan dari dinding batako yaitu:Pemasangan relatif lebih cepat dan Harga relatif murah.
    Namun dinding batako ini juga memiliki kekurangan yaitu: Rapuh dan mudah pecah, Menyerap air sehingga dapat menyebabkan tembok lembab,Dinding mudah retak,Penggunaan rangka beton pengaku relatif lebih banyak, antara 7,5 – 9 m2.

    7. Precast Dinding Beton Ringan

    Dinding yang terbuat dari beton ringan jadi, artinya sudah dapat ukuran modul-modul tertentu, ada yang berbahan dasar sama dengan bata ringan ada pula yang berbahan beton ringan dibalut dengan gypsum. Contoh dalam hal ini adalah panel dinding Grand elephant dan Panel Sandwich Citicon

    Jual Bata Ringan, Panel Dinding, Semen Mortar dan Panel Sandwich Citicon

    PT. Tiga Mitra Surabaya merupakan salah satu distributor bata ringan  bahan bangunan berbasis beton ringan seperti : bata ringan, panel dinding, panel dinding sandwich, semen mortar, material dinding partisi dan panel lantai. Kami menyediakan bata ringan berbagai merk terkenal dan berkualitas seperti bata ringan Citicon, Grand Elephant, Bricon, Gracon, Focon, Falcon, Fastcon, Blesscon, Priority One, ICC, Ecoblock, Great Wall, Brix, Optima. Precast dinding beton ringan yang kami sediakan adalah Panel Dinding Grand Elephant dan Panel Dinding Sandwich Citicon. Semen mortar sebagai perekat bata ringan, plasteran dinding dan acian dinding dengan merk-merk semen mortar berkualitas seperti : Mortar Utama, Drymix, Powerbond, Uzin, Citicon Mortar, Grand Elephant Mortar.
    PT. Tiga Mitra Surabaya melayani pengiriman  bata ringansemen mortar, panel lantai
     dan panel dinding sandwich Citicon ke :
    Jawa Timur : Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Kediri, Mojokerto, Madiun, Jember, Banyuwangi, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Pasuruan, Probolinggo, Tulungagung, Ponorogo, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan sebagainya.
    Jawa Tengah : Sragen, Solo, Klaten, Jogjakarta, Boyolali, Purwodadi, Magelang, temanggung, Wonosobo, Semarang, Kendal, Kudus, Pati, Rembang dan sebagainya.
    Kalimantan : Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Tarakan
    Bali : Negara, Singaraja, Tabanan, Denpasar, Karangasem
    NTB : Mataram, Bima
    NTT : Kupang, Labuhan Bajo, Manggarai
    Sulawesi : Makassar, Mamuju, Palu, Menado, Donggala, Sigi, Gorontalo
    Maluku dan Papua.

    Informasi dan pemesanan hubungi Customer Service kami di :

    PT. Tiga Mitra Surabaya
    Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan – Benowo – Surabaya 60198
    Telp. (031) 51160405, Hp. 081231313222, 085100398222, 087852574222, 085331398222





  • 0 komentar:

    Posting Komentar