031-51160405, 081231313222, 087852574222, 085733098111 Jual Bata Ringan, Jual Panel Lantai, Jual Bata Ringan Murah, Harga Hebel, Semen Mortar, Galvalum, Granit Tile, Keramik, Tandon Air, Renovasi dan Bangunan Rumah di Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Bali, Jogjakarta

Jual Bata Ringan News

Bata Ringan Material Bahan Bangunan Berbobot Ringan Yang Lebih Tahan Gempa

Bata Ringan Material Bahan Bangunan Berbobot Ringan Yang Lebih Tahan Gempa Beberapa waktu ini banyak terjadi gempa di Indonesia, sehin...

Bata Ringan Material Bahan Bangunan Berbobot Ringan Yang Lebih Tahan Gempa


Bata Ringan Material Bahan Bangunan Berbobot Ringan Yang Lebih Tahan Gempa


Beberapa waktu ini banyak terjadi gempa di Indonesia, sehingga menyebabkan kerugian yang sangat besar serta banyak korban jiwa. Salah satunya yaitu gempa yang terjadi di Lombok dan bahkan disertai Likuifaksi serta Tsunami di Sulawesi Tengah tepatnya di Palu, Donggala dan Sigi beberapa waktu lalu yang menyebabkan banyak korban jiwa akibat tertimbun oleh reruntuhan bangunan. Selain itu dampak lain yang cukup meresahkan warga yaitu rusaknya bangunan pemukiman warga maupun gedung gedung tinggi lainnya. Sebagian besar bangunan ataupun gedung yang mengalami kerusakan berat terletak pada jalur patahan gempa yang berskala 7,4 R tentu saja jenis bangunan atau gedung apapun pasti akan mengalami kerusakan parah karena tidak mampu melawan kekuatan alam. Namun banyak pula bangunan ataupun rumah yang rusak berat walaupun tidak berada pada jalur patahan gempa, hal ini lebih dikarenakan struktur bangunan yang kurang kokoh serta pemilihan material bangunan yang kurang disesuaikan untuk daerah yang rawan gempa.
Pembuatan struktur bangunan yang tepat dan sesuai dengan peruntukkan daerah rawan gempa serta pemilihan bahan bangunan yang bersifat berbobot ringan namun kuat seperti bata ringan, panel lantai, rangka atap baja ringan serta panel dinding sandwich akan sangat diperlukan guna mengurangi resiko akibat guncangan gempa bumi seperti di Palu, Donggala dan Sigi.  Tetapi ada beberapa bangunan yang tetap kokoh meskipun ada sedikit kerusakan di beberapa sudut bangunannya. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari bangunan tersebut sudah didukung oleh material berbobot ringan namun memiliki struktur kuat yang dapat meminimalisir kerusakan saat terjadi gempa. Maka dari itu, kita wajib mengantisipasi resiko akibat gempa. Salah satunya yaitu dengan membuat bangunan yang tahan gempa untuk meminimalisir kerusakan dan melindungi orang-orang yang berada di dalamnya. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah tahan gempa di daerah yang sering terjadi gempa bumi :

1.      Memastikan struktur bangunan mulai dari pondasi, sloop, kolom dan balok dibuat cukup kokoh. Pondasi yang stabil menjadi faktor utama untuk mendirikan bangunan yang berstruktur besar. Pondasi dibangun untuk menahan beban ke samping. Jika semakin ringan beban struktur bangunan, maka semakin sedikit beban yang harus ditanggung maka akan lebih baik dalam menahan guncangan. Menggunakan sistem pondasi batu kali menerus, pondasi cakar ayam, pondasi dengan stross serta sloof berisi tulangan besi akan membuat bangunan dapat berdiri lebih kokoh.

2.      Memilih bahan material rangka atap yang ringan. Hal yang harus diperhatikan saat merancang rumah tahan gempa adalah untuk membuat bangunan tidak terlalu tinggi dan seringan mungkin. Jika diperlukan, gunakan atap rata dengan kemiringan antara 3 hingga 15 derajat. Semakin ringan bagian atas bangunan, maka semakin ringan pula beban yang ditanggung oleh struktur yang ada dibawahnya. Hal ini dapat diantisipasi dengan memilihkan bahan yang ringan untuk rangka atap. Jika biasanya menggunakan kayu ataupun baja untuk rangka atap, maka bisa diantisipasi dengan alternatif lain yaitu menggunakan rangka atap dari baja ringan yaitu galvalum.

3.      Memilih material yang ringan namun mempunyai kuat tekan tinggi untuk Dinding. Setiap dinding bangunan, harus dibuat sama kuat untuk dapat mengurangi beban strukturnya. Dinding yang dipakai merupakan perpaduan antara kebiasaan masyarakat setempat yang menggunakan material kayu dan dinding yang terbuat dari batu-bata. Namun, jika ingin material yang digunakan untuk dinding lebih ringan dan kuat, bisa menggunakan alternatif baru yaitu bata ringan ataupun panel dinding sandwich. Bata ringan memiliki bobot yang lebih ringan, namun dinding yang dibuat dari material ini tetap bersifat kuat dan memungkinkan untuk lebih tahan disaat ada gempa karena mampu mengurangi beban yang ditanggung oleh struktur bangunannya.  Saat gempa terjadi, sebagian besar dinding beton dari batu bata atau batako roboh karena sambungan di tiang/kolom bangunan tersebut terlepas akibat struktur bangunan yang tidak mampu lagi menahan bebannya yang berat akibat guncangan gempa. Kondisi bisa berbeda jika dinding dibuat dari bata ringan. Sambungan dinding antar bata akan sangat sulit lepas karena bata ringan menggunakan perekat yang kuat yaitu semen mortar.

4.      Mengganti cor dak konvensional dengan Panel Lantai. Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih merenovasi rumah dengan meningkatkan 2 lantai ataupun lebih. Namun sebagian pasti masih resah dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengecor lantai. Selain waktu pengerjaannya yang lama, menggunakan dak cor lebih memakan banyak biaya dan juga masih memerlukan proses bekisting. Untuk mengatasi hal ini, sudah ada alternatif baru yaitu menggunakan panel lantai sebagai pengganti dak cor. Menggunakan panel lantai dapat menghemat biaya pemasangan, dan waktu pemasangannya pun hanya 2-3 hari saja tergantung dari luasannya. Selain itu panel lantai mempunyai bobot yang ringan sehingga tidak terlalu membebani struktur yang ada dibawahnya dan lebih memungkinkan untuk lebih tahan saat gempa terjadi. Bobot panel lantai 3 x jauh lebih ringan dibandingkan dengan bobot cor dak konvensional.

Jadi, sebelum melakukan proses pembangunan rumah, hendaknya merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Seperti memperkirakan anggaran biayanya, mempersiapkan material untuk bahan bangunannya dan memastikan material yang dipilih berkualitas dan juga dapat lebih tahan saat ada gempa. Sehingga perlu memilihkan material yang berbobot ringan namun kekuatan dan kualitasnya terjamin. Seperti memilih rangka atap dari galvalum, dinding bangunan dari bata ringan ataupun panel  dinding sandwich dan juga mengganti cor dak konvensional menggunakan panel lantai. Material tersebut bisa anda dapatkan di kantor kami ataupun hubungi hotline di bawah ini :

PT. Tiga Mitra Surabaya
Jl. Raya Klakahrejo, Ruko TCBD-TR. 1/11 Benowo – Surabaya 60198.
Atau order secara online melalui :
Telp     : (031) 51160405
HP/WA : 081231313222 - 085100398222
Email   : customerservice@tigamitra.com



Labels: bata ringan, panel lantai

Thanks for reading Bata Ringan Material Bahan Bangunan Berbobot Ringan Yang Lebih Tahan Gempa. Please share...!

0 Comment for "Bata Ringan Material Bahan Bangunan Berbobot Ringan Yang Lebih Tahan Gempa"

Back To Top