15 Juni, 2022

Harga/Jual Bata Ringan 2022

Harga/Jual Bata Ringan 2022

 

Setelah “vakum” selama hampir 2 tahun karena pandemi covid, kini saatnya  memasuki  tahun 2022 sektor konstruksi mulai bangkit.  Kebangkitan sektor tersebut ditandai dengan mulai maraknya aktivitas di sektor konstruksi, dimana salah satu  yang menarik adalah penggunaan bata ringan. Kenapa, karena secara perhitungan harga/jual  bata ringan 2022 lebih murah di bandingkan bata merah.

Harga/Jual Bata Ringan 2022

Mulai menggeliatnya kembali sektor konstruksi, memang bisa kita lihat dari aktivitas  konstruksi yang cukup masif perkembangannya di beberapa wilayah Indonesia.  Tidak saja di kota-kota besar,  tetapi di pinggiran pun perkembangan sektor properti dan aktivitas konstruksi mulai menunjukkan perkembangan yang cukup aktif. Dari sana saja kita sudah bisa  tahu  bahwa memang dengan mulai aktifnya sektor konstruksi memang menjadi trigger bahwa sektor properti sedang bangkit.

Kesemua hal  itu bisa kita perkuat dari beberapa data secondary  yang bisa menggambarkan bahwa memang memasuki tahun 2022, sektor properti dan konstruksi  di beberapa wilayah Indonesia sudah mulai menunjukkan performancenya.  Hal itu sudah pasti akan berimbas pada mulai meningkatnya kebutuhan  akan bahan bangunan yang memang secara kualitas di butuhkan oleh para pelaku di sektor konstruksi. Dimana salah satu produk bahan  bangunan yang  jelas- jelas di butuhkan adalah bata ringan.

Mungkin bagi yang belum terbiasa menggunakan  material  bata ringan masih meragukan kemampuan dan kehandalan bata ringan. Tetapi bagi pelaku konstruksi  di Indonesia  yang sudah  tahu seperti apa kualitas dan keunggulan dari bata ringan, mereka akan menggunakan bata ringan sebagai bagian dari aktivitas konstruksi yang mereka jalankan. Tidak saja dalam pembangunan sektor perkantoran, apartemen/kondominium,  pusat perbelanjaan, perhotelan hingga residential.

Potensi Sektor Konstruksi dalam Perspektif Konstruksi & Bata Ringan di Indonesia

Bicara soal  potensi yang ada di sektor properti dan konstruksi, memang jika kita lihat nilai yang ada di kedua sektor tersebut cukup besar. Dimana  jika kita bedah dari semua sektor yang ada di  tahun 2022 nilai pasar  yang ada di beberapa sektor saja sudah menunjukkan adanya satu potensi yang luar biasa setelah vacum 2  tahun akibat pandemi covid.

Pertumbuhan Bisnis Sektor Konstruksi Bata Ringan 2022

Secara umum kita bisa katakan berdasarkan data yang ada, bahwa pertumbuhan  bisnis yang ada di sektor konstruksi tahun 2022 akan berada pada level yang cukup tinggi di bandingkan yang terjadi pada tahun 2022 dan 2021. Dimana pada tahun 2020 hanya berada diangka 2,3 persen  sedang pada tahun 2021 ada peningkatan sedikit di angka 5,4 persen. Tetapi prediksi yang bisa kita katakan pada tahun 2022 angkanya akan menyentuh 10% yaitu berada di level 7,8%.

Kondisi ini jelas membawa dampak pada nilai konstruksi  yang terjadi pada semua sektor properti yang ada. Karena ketika sektor properti dan konstruksi bangkit, sudah pasti hal itu akan di ikuti dengan kebangkitan semua sektor  yang ada di sektor properti.  Kita tahu bahwa sektor properti memiliki 6 sektor bisnis.  Dimana kesemua sektor tersebut di tahun 2022 jelas akan menunjukkan performance peningkatan  yang cukup menarik.



Properti dan Konstruksi Bata Ringan

Dari beberapa data sekunder  yang bisa kita dapatkan, maka kita bisa bedah seberapa besar potensi bisnis yang ada di beberapa sektor properti dan konstruksi  tersebut :

 

1.            Sektor Perkantoran.

Secara umum, memang di katakan bahwa  untuk pasokan yang ada di Jakarta dan sekitarnya  pasar yang ada di sektor  ini sudah cukup banyak. Tetapi kondisinya di lapangan, pelaku bisnis masih saja tertarik untuk berinvestasi di sektor gedung atau perkantoran sehingga nilainya di   tahun 2022 berada di angka Rp15,14 triliun.

2.            Sektor Ritel atau Pusat Belanja

Begitu pula dengan sektor pusat perbelanjaan, meskipun di beberapa wilayah kondisinya sudah over. Namun yang menarik adalah tren bahwa saat ini pusat belanja mengembangkan konsepnya  ke daerah pinggiran. Sehingga wajar jika sektor  ini masih tumbuh dan di tahun 2022 angkanya mencapai Rp 17,17 triliun.

3.            Sektor Gedung

Yang menarik  justru terjadi pada sektor gedung, dengan angka yang cukup tinggi berada di level Rp 157,47 triliun. Agaknya di tahun 2022 sektor gedung menjadi salah satu sektor yang cukup punya potensi untuk meningkatkan pertumbuhan di sektor konstruksi.

4.            Sektor Perhotelan

Mungkin kita bertanya, kenapa sektor  hotel masih tumbuh di tahun 2022, padahal di  tahun 2019-2021 sejak adanya pandemi covid sektor ini seakan seperti mati suri. Tetapi itulah bisnis mereka melihat jauh kedepan, sehingga tidak salah jika sektor  ini juga tumbuh di angka Rp 7.79 triliun.

 

Dua sektor terakhir yang juga potensinya cukup besar untuk menyusul nilai  konstruksi yang ada pada sektor gedung adalah nilai konstruksi pada sektor industri dan residential. Sehingga  ketiga sektor  inilah yang nantinya sepanjang  tahun 2022 akan menjadi sektor yang cukup potensial.

 

5.            Sektor  Industri

Bisa di katakan sektor  ini adalah masuk dalam katagori sektor kawasan  industri juga. Dengan  banyaknya  investasi  yang masuk jelas kebutuhan properti yang ada di kawasan industri meningkat. Dengan angka yang berada di posisi Rp 37 triliun sektor ini cukup menarik untuk di simak.

6.            Sektor Residential

Sektor ini akan selalu menjadi sektor yang tidak akan pernah mati. Selain karena residential adalah sektor yang masuk kebutuhan pokok. Juga saat ini konsumen sudah pandai dalam memilih sebuah hunian, itulah sebabnya proyek residential yang di bangun sekarang sudah mulai mengakomodir banyak  hal positif dengan nilai konstruksi Rp 54,24 triliun.

Bata Ringan

Ada dua hal menarik yang bisa kita lihat dari nilai konstruksi yang terjadi pada sektor properti an konstruksi di tahun 2022.  Dimana masalah inovasi dan teknologi saat ini menjadi satu hal yang cukup menarik untuk kita amati.   Hal itu bisa kita lihat dari penggunaan produk bahan bangunannya. Jika dahulu orang masih merasa bata merah jadi satu pilihan yang menarik. Kini dengan adanya produk bata ringan, beragam  bangunan konstruksi dari komersial hingga residential sudah menggunakan  bata ringan untuk masalah konstruksi dindingnya.

Keunggulan Bata Ringan dan Kekuatan Fisik dari Produk Bata Ringan

Sebenarnya penggunaan  bata ringan sudah terjadi beberapa waktu yang lalu.  Dimana dahulu orang hanya mengenal bata ringan itu identik dengan hebel. Tetapi kini seiring dengan perkembangan dan pengembangan teknologi dan inovasi dalam sektor konstruksi maka penggunaan bata ringan menjadi salah satu potensi yang cukup banyak di gunakan oleh pelaku dalam sektor konstruksi.

Bukan semata karena produk bata ringan memiliki kualitas dan keunggulan yang cukup banyak. Tetapi  ternyata  berdasarkan perhitungan yang bisa di lihat dari nilai perhitungan per meter2 penggunaan bata ringan justru memiliki nilai atau harga/jual bata ringan 2022 lebih murah di bandingkan dengan menggunakan bata merah oven. Itulah  yang membuat saat ini banyak pelaku konstruksi mencoba mengalihkan penggunaan bata merah ke produk bata ringan.

Keunggulan Bata Ringan

Selain masalah harga/jual bata ringan 2022 yang bisa menjadi pertimbangan, tentu saja masalah kelebihan atau keunggulan menjadi dasar kenapa saat ini banyak konstruksi bangunan komersial atau bahkan residential menggunakan produk bata ringan.  Kita bisa jelaskan beberapa hal menarik terkait kelebihan dan keunggulan dari produk bata ringan yang saat ini bisa menjadi alternatif solusi terbaik dalam pekerjaan konstruksi.

 

1.            Bata Ringan memiliki kekuatan,  sekuat produk beton.

Sebenarnya bicara soal dimensi  bata ringan  tidak berbeda jauh dibandingkan dengan bata merah atau bata konvensional. Tetapi ketika kita bicara soal kekuatan ,  maka bata ringan bisa memiliki tingkat kekuatan 3x lebih besar dari bata konvensional.  Hal  itu didasarkan  pada satu kondisi bahwa bata ringan memang di bentuk atau di proses layaknya seperti pembuatan beton. Sehingga kekuatannya bisa dikatakan sama dengan produk beton.  Sehingga dengan spesifikasi  itulah produk ini cocok untuk gedung bertingkat atau mall.

2.            Bata Ringan memiliki spesifikasi menjadi Insulator yang baik.

Keunggulan lain  yang ternyata di miliki bata ringan adalah, keberadaannya bisa menjadi insulator yang baik. Hal itu terjadi karena beberapa hal seperti : adanya pori-pori yang terdapat pada permukaan bata ringan dapat menjadi penyebab penurunan berat dari masa bata itu sendiri. Pada akhirnya bisa menyerap panas udara yang berada di luar serta mampu mempertahankan kondisi dingin dalam sebuah ruangan. Serta yang pasti produk ini mampu menjadi produk yang bisa dikatakan kedap suara .

3.            Bata Ringan adalah produk yang mudah dalam pemasangan dan cepat

Karena proses pembuatannya yang cukup sempurna, maka keberadaan presisi bata ringan lebih baik di banding bata konvensional. Dengan kondisi seperti itu maka proses konstruksi menjadi lebih cepat, karena bentuk presisinya yang  berada pada kualitas 2mm per bata akan membuat pekerjaan jadi lebih mudah. Hanya memang di butuhkan cairan untuk media semen mortar perekat bata ringan akan bisa lebih sempurna.

4.            Bata Ringan menjadikan proses finishing pada struktur dinding lebih mudah

Kondisi permukaan  bata ringan memang sudah di buat halus dan rata, berbeda dengan bata konvensional. Itulah yang membuat penggunaan bata ringan untuk konstruksi bisa lebih cepat. Karena dengan permukaan halusnya maka dinding bisa langsung di cat finishing atau tanpa di cat. Beda dengan penggunaan bata konvensional yang butuh di ratakan dan haluskan kondisi dindingnya sebelum di finishing cat.

5.            Bata Ringan mampu menghemat cost seperti dalam pembangunan residential

Penggunaan bata ringan jika di liat secara satuan memang mahal dibandingkan dengan bata konvensional. Tetapi dalam sektor konstruksi kita melihatnya tentu dalam hitungan meter2 atau proses konstruksi. Nah jika kondisinya seperti itu maka penggunaan bata ringan bisa menghemat cost operasional konstruksi hingga 50% jika kita coba contohkan dalam pekerjaan konstruksi pembangunan rumah.

Keunggulan Spesifikasi Bata Ringan

Keunggulan lain  yang bisa di dapatkan dari produk bata ringan  pada akhirnya memang bisa membuat pelaku bisnis konstruksi beralih ke produk bata ringan. Kondisi ini bisa kita lihat dan perhatikan dari beberapa hal yang menjadi keunggulan dari implementasi dari produk  bata ringan. Dengan memperhatikan beberapa kelebihan ini sudah pasti kita akan  tahu bahwa memang produk ini cukup bisa diandalkan :

 

1.            Spesifikas bata ringan

Sifat produknya yang ringan namun  kuat pada saat di gunakan, pada akhirnya jelas menguntungkan bagi sebuah konstruksi gedung atau bangunan bertingkat. Karena pada akhirnya penggunaan bata ringan akan   bisa mengurangi masa beban konstruksi jika di bandingkan dengan penggunaan bata merah yang akan bisa menambah beban masa  konstruksi dari sebuah bangunan. Selain itu salah satu jenis bata ringan yang berupa AAC bisa menjadi media untuk tahan terhadap getaran gempa bumi.

2.            Spesifikasi bata ringan

Karena memang bobotnya yang ringan dibandingkan dengan bata merah, maka secara umum pengangkutan produk menuju lokasi proyek menjadi lebih cepat. Beda dengan bata konvensional karena berat maka pengangkutan produknya tidak akan secepat pada bata ringan dalam pengangkutan produknya.

3.            Spesifikasi bata ringan

Proses produksinya yang menggunakan mesin modern pada akhirnya memang bisa membuat produksi bata ringan pasti presisi dan sudah pasti rapi. Karena semua proses penggunakan mesin, beda dengan  bata merah yang terkadang masih menggunakan cara tradisional.

4.            Spesifikasi bata ringan

Karena presisi dan ukuran dari semua produknya sudah pasti sama, maka dampak positifnya adalah proses pekerjaan  konstruksi bisa di jalankan dengan cepat dan sudah pasti rapi jika di bandingkan dengan  proses kerja yang menggunakan bata konvensional.  Dengan cepatnya proses konstruksi maka otomatis akan menghemat cost konstruksi.

5.            Spesifikasi bata ringan

Pekerjaan konstruksi dengan produk bata ringan jelas membuat pekerjaan  jadi lebih rapi dan bersih. Kondisi itu karena keunggulan dari produk bata ringan itu sendiri. Coba bandingkan dengan pekerjaan menggunakan bata konvensional yang membutuhkan  proses pekerjaan tambahan lainnya.

6.            Spesifikasi bata ringan

Proses konstruksi dengan menggunakan  bata ringan kadang tidak perlu lagi adanya tahap memplester atau finishing plester   yang sering di lakukan pada pekerjaan dengan bata merah.  Karena tampilan permukaan yang ada di bata ringan sudah pasti halus karena prosesnya menggunakan  mesin cetakan bukan manual.

7.            Spesifikasi bata ringan

Dengan melihat dimensi dan ukuran produknya, maka konstruksi menggunakan bata ringan cepat selesai. Karena spesifikasi teknis dari bata ringan dimensinya 60cm x 20cm dengan ketebalan  yang berada di angka 7,5 cm – 15 cm.  Dengan kondisi seperti itu wajar jika proses konstruksi cepat selesai.

8.            Spesifikasi  bata ringan

Karena kandungan bata ringan sama dengan beton, seperti misalnya jenis bata ringan AAC maka produk ini di proses dalam suhu yang khusus dan pada akhirnya  produk bata ringan tahan terhadap api. Sehingga jika terjadi kebakaran maka bangunan  yang menggunakan bata ringan bisa menghambat menjalarnya api ke sisi lain dari bangunan.

9.            Spesifikasi bata ringan

Memangunggul karena proses produksinya di pabrik dan sudah pasti akan tahan terhadap air karena sudah melakukan tes sebelum produk di lempar ke pasaran. Dan yang pasti juga produk  ini memiliki  fungsi yang kedap suara dengan adanya rongga-rongga yang ada di permukaan dari bata ringan tersebut.

Harga Bata Ringan dan Beberapa Jenis Bata Ringan di Pasaran

Dengan banyaknya keuntungan dan keunggulan yang di dapat dari produk sekelas bata ringan, tidak salah memang jika pada akhirnya saat ini produk bata ringan cukup banyak berada di pasaran.  Jika dahulu kita hanya mengenal bata ringan adalah hebel,  tetapi kini merek dan jenisnya cukup beragam. Ini sekaligus menunjukkan bahwa memang saat ini produk bata ringan menjadi salah satu pilihan terbaik  bagi pelaku bisnis konstruksi di  Indonesia.

Secara umum kita bisa menggambarkan kondisi menariknya jenis dan merek produk  bata ringan dalam beberapa spesifikasi harga dan jenisnya. Kesemua ini bisa menjadi pilihan anda atau pelaku bisnis konstruksi untuk menentukan jenis atau merek apa  yang akan di gunakan dalam proses konstruksi yang mereka jalankan.

Kisaran  Harga/Jual Bata Ringan 2022  untuk wilayah  Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTT dan NTB sangat dipengaruhi oleh ongkos kirim atau distribusi bata ringan dari gudang ke lokasi konsumen. Untuk informasi harga bata ringan serta pemesanannya anda dapat menghubungi PT. Tiga Mitra Surabaya. Kami adalah salah satu distributor bata ringan, semen mortar, panel lantai dan rangka atap baja ringan yang melayani pemesanan dan pengiriman ke wilayah Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTT, NTB.

Merk Bata Ringan

Kami melayani pemesanan dan pengiriman beberapa merk bata ringan antara lain :

1.       Citicon

2.       Grand Elephant

3.       Bricon

4.       Falcon

5.       Focon

6.       Ecoblock

7.       Gracon

8.       Priority One

9.       ICC

10.   Optima

Dari beberapa jenis dan merek yang ada saat ini di pasaran, sejatinya ada beberapa hal  yang menarik terkait keberadaan produk bata ringan yang ada di Indonesia.  Karena seperti apapun kondisinya, ketika sebuah produk ada di pasaran dalam beberapa merek biasanya  itu menunjukan bahwa produk yang bersangkutan memang sedang menjadi produk yang banyak di gemari oleh market. Tinggal bagi kita sebagai pengguna atau konsumen yang akan bebas memilih produk mana yang akan di gunakan.

Informasi dan Pemesanan Bata Ringan Kirim Ke Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTT, NTB.

PT. Tiga Mitra Surabaya




Untuk informasi Harga/Jual Bata Ringan 2022   dari masing-masing merk bata ringan diatas, anda dapat segera menghubungi PT. Tiga Mitra Surabaya. Tidak hanya bata ringan tetapi juga sekaligus dengan jual semen mortar seperti : Uzin TB 20 perekat bata ringan, plasteran, acian, perekat keramik dan sebagainya.

PT, Tiga Mitra Surabaya

Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan – Benowo – Surabaya 60199

Telp. (031) 51160405

Hotline WA 24/7 :

085100398222 – 085331398222 – 081231313222 - 087852574222

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Hubungi Kami

Senin - Sabtu | 08.00 - 17.00 WIB
(031) 51160405
PHONE : (031) 51160405
WhatsApp : 085331398222

Rek Pembayaran


No Rek : 1870452957
A/N : CV. Tiga Mitra



No Rek : 141-0098899-222
A/N : PT. TIGA MITRA SURABAYA



No Rek : 0583-01000242303
A/N : CV. TIGA MITRA


Lokasi Kami

Arsip Blog