02 Juni, 2016

Cara Menyejukkan Ruangan Rumah Anda

Sejuk dan Nyaman merupakan hal yang diinginkan khususnya di perkotaan yang padat penduduk terutama di kota kota besar seperti Surabaya. Bagi yang berkecukupan secara ekonomi dapat menggunakan AC, bagi yang belum akan memakai kipas angin.
Menghadapi cuaca yang terik dan suhu ruangan yang gerah di rumah dengan menyalakan Air Conditionair atau AC atau kipas angin di rumah pada saat cuaca sedang panas-panasnya memang sangat salah satu solusi namun hal ini membuat biaya tagihan listrik akan meningkat karena terlalu sering menyalakan AC di rumah.
Berikut ini kami akan menyajikan beberapa tips agar rumah Anda tetap dingin meskipun tanpa menggunakan AC dan tentunya menghemat biaya listrik rumah anda.

Perhatikan letak jendela-jendela Anda, pastikan menutup rapat jendela-jendela Anda pada siang hari untuk menjaga kelembaban suhu di dalam rumah dan membukanya di malam hari untuk ventilasi alami. Jika jendela Anda terpapar langsung sinar matahari maka Anda bisa mengakalinya dengan memasangkan tirai-tirai dengan nuansa bambu yang akan membuat suasana menjadi lebih sejuk.
  • Membuka jendela di malam hari
Pada musim panas biasanya suhu pada malam hari menjadi lebih rendah dibandingkan hari-hari biasa. Jika merasa panas, Anda bisa membuka jendela sebelum tidur supaya udara dingin dari luar bisa masuk ke dalam rumah dan kamar Anda. Tapi pastikan jendela Anda sudah dipasangi teralis supaya tetap aman atau jangan lupa untuk menutup kembali jendela sebelum Anda benar-benar terlelap.
  • Arah putaran kipas angin
Tahukah Anda dengan mengatur kipas angin berlawanan dengan arah jarum jam, pada kecepatan yang lebih tinggi, dapat membuat aliran udara dari kipas menghasilkan efek angin dingin sehingga akan membuat Anda merasa lebih sejuk.
  • Fokus pada suhu dalam tubuh, bukan suhu rumah
Jika orang-orang terdahulu bisa bertahan di musim panas tanpa AC mengapa Anda tidak? Dibanding terus-terusan berusaha membuat rumah Anda supaya terasa lebih dingin mengapa tidak mencoba untuk menjaga suhu tubuh Anda agar tetap dingin?
  • Nyalakan kipas di dapur Anda
Penggunaan kipas angin di dapur bertujuan untuk mengusir keluar udara panas yang dihasilkan dari proses masak-memasak di dapur. Udara panas yang berputar di dalam ruangan membuat suhu rumah menjadi ‘hangat’.
  • Menanam pohon disekitar rumah
Jika masih ada lahan yang bisa dimanfaatkan untuk Taman kecil di sekitar rumah membuat rumah sejuk secara alami.
Pepohonan yang ditanam di sekitar rumah sangat membantu membuat suhu disekitar rumah Anda menjadi lebih dingin dan lebih teduh. Pohon-pohon tersebut juga akan melindungi rumah Anda dari paparan sinar matahari langsung supaya tidak masuk ke dalam rumah Anda.
Lebih baik lagi jika Anda memiliki beberapa tanaman hias di dalam rumah untuk membantu menyegarkan udara rumah Anda.
  • Hindari penggunaan lampu pijar
Hindari penggunaan lampu pijar. Cahaya yang dihasilkan lampu pijar 90 persennya berasal dari energi panas yang mereka pancarkan, tentu saja dengan menyalakan lampu jenis ini akan membuat suhu dalam rumah menjadi lebih panas.
  • Matikan peralatan elektronik yang tidak digunakan
Matikan komputer, lampu, televisi, dan peralatan elektronik lainnya yang sedang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang sedang aktif juga mengeluarkan suhu panas. Oleh sebab itu supaya rumah Anda tetap dingin Anda harus meminimalkan penggunaan peralatan-peralatan elektronik.
  • Cat rumah dengan warna yang teduh
Mengecat rumah menggunakan warna-warna yang teduh seperti hijau daun juga sangat membantu untuk memberikan efek lebih dingin di dalam rumah. Hindari penggunaan cat berwarna ngejreng pada musim kemarau/panas.
Selain cara alami diatas, jika anda mau merenovasi atau membangun rumah, ada baiknya anda mencoba atau memutuskan untuk menggunakan material yang dapar mereduksi suhu ruang menjadi lebih sejuk seperti bata ringan dan panel lantai.
Kita tahu bahwa kelebihan dari bata ringan dan panel lantai adalah tahan api, menyejukkan suhu ruangan karena konduktivitas thermal yang sangat baik yang sulit untuk menghantarkan panas sehingga ruangan anda akan terasa lebih sejuk dan nyaman.
Ruangan dengan dinding dari bata ringan akan membuat rumah atau ruangan anda lebih tahan panas, tahan api serta menjaga suhu ruangan tetap sejuk, demikian pula dengan dak lantai yang menggunakan panel lantai, bisa dibayangkan jika dinding serat dak lantai anda menggunakan bata ringan serta panel lantai maka fungsi kedua material ini dalam hal menyejukkan suhu ruangan akan semakin baik.

Jual Bata Ringan

Untuk informasi seputar produk jual bata ringan mengenai spesifikasi, ukuran, harga bata ringan, cara pemasangan, semen instan terkait dapat menghubungi PT. Tiga Mitra Surabaya.
Segera putuskan jangan ragu, jika memerlukan informasi dan pemesanan bata ringan, panel lantai AAC berbagai merk pilihan dapat menghubungi :

Kantor Pusat  PT. Tiga Mitra Surabaya :
Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR.1/11 Surabaya 60198
Telp. 031-51160405
HP Hotline :
085733098111, 085100398222, 081231313222, 087852574333, 087852574222, 087853640111, 085331398222,
Email : cvtigamitra@gmail.com
PIN BB : 58866B9C
http://jualbataringanaac.blogspot.com
http://id-id.facebook.com/jualbataringansurabaya
http://mitrabangunananda.com
TIGA MITRA JEMBER
Jl. MT. Haryono no. 68 Sumbersari – Jember
Telp. (0331) 323400
Hp. 087852574333

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Hubungi Kami

Senin - Sabtu | 08.00 - 17.00 WIB
(031) 51160405
PHONE : (031) 51160405
WhatsApp : 085331398222

Rek Pembayaran


No Rek : 1870452957
A/N : CV. Tiga Mitra



No Rek : 141-0098899-222
A/N : PT. TIGA MITRA SURABAYA



No Rek : 0583-01000242303
A/N : CV. TIGA MITRA


Lokasi Kami

Arsip Blog