Kota dan Kabupaten Kediri

Kotamadya Kediri  adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang menurut jumlah penduduk. Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km² dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer.
Kota Kediri dikenal merupakan pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Di kota ini juga, pabrik rokok kretek Gudang Garam berdiri dan berkembang.  Industri rokok Gudang Garam yang berada di kota ini, menjadi penopang mayoritas perekonomian warga Kediri, yang sekaligus merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Sekitar 16.000 warga kediri menggantungkan hidupnya kepada perusahaan ini. Gudang Garam menyumbangkan pajak dan cukai yang relatif besar kepada pemerintah kota.
Kabupaten Kediri  adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, ibu kota Kabupaten Kediri secara de jure berada di Kecamatan Ngasem. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Jombang di utara, Kabupaten Malang di timur, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung di selatan, serta Kabupaten Nganjuk di barat dan utara. Kabupaten Kediri memiliki luas wilayah 1.386.05 km² dengan 26 kecamatan.
Sebagai Kota Terbesar ketiga setelah Surabaya dan Malang, Kota Kediri juag berkembang infrastrukturnya, rencana akan dibangun bandara di Kota ini. Prospek bisnis pemukiman juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai kota yang baik untuk investasi hal ini menunjukkan bahwa peluan maupun potensi bisnis serta perdagangan semakin terbuka, demikian juga dengan bisnis bahan bangunan berkarakter ringan namun kuat seperti bata ringan. Bata ringan telah diperkenalkan dan digunakan sejak beberapa tahun yang lalu. Beberapa properti milik PT. Gudang Garam telah menggunakan bata ringan, semen mortar dan panel lantai. Untuk wilayah pedesaan di Kota maupun Kabupaten Kediri secara umum masih kuat menggunakan bata merah, namun dengan semakin berkurangnya lahan bahan baku tanah liat untuk produksi bata merah akibat pengembangan pemukiman dan komersil, tidak menutup kemungkinan akan beralih ke bata ringan seperti di kota-kota besar. Bata ringan sudah banyak didistribusikan ke Kota Kediri, telah banyak toko bangunan yang jual bata ringan di sini. Bata ringan yang dipasarkankan di Kediri masih didatangkan dari industri bata ringan di Mojosari, Krian dan Gempol. 
informasi dan pemesanan bata ringan murah kirim ke Kota dan Kabupaten Kediri

Bata Ringan di Kota/Kabupaten Kediri

Apa itu Bata Ringan

Bata ringan adalah material bangunan untuk pasangan dinding yang masuk dalam kategori beton ringan. Tidak seperti bata merah, bata ringan merupakan adopsi material bahan bangunan dari Eropa. Pertama kali ditemukan di Swedia dan kemudian dikembangkan oleh Josef Hebel orang Jerman. Dikembangkan di Indonesia pertama kali pada tahun 1995 di Jakarta dengan merk Hebel. Dikembangkan atau diproduksi di Jawa Timur pada tahun 2005 dengan merk dagang Citicon berlokasi pabrik di Mojosari - Mojokerto. Jadi bata ringan Hebel adalah merk bata ringan yang pertama kali diproduksi di Indonesia, sehingga banyak orang menyebut bata ringan itu dengan sebutan bata hebel.

Bahan Baku

Tidak seperti bata merah yang terbuat dari tanah liat atau batako dari adonan pasir semen maka bata ringan terbuat dari bahan-bahan pasir silika pilihan, kapur, gypsum, semen dan pasta pengembang. Perpaduan inilah yang menjadi bata ringan masuk dalam kategori beton ringan.

Proses Produksi

Proses produksinyapun jauh berbeda jika bata merah diproduksi secara manual di skala petani atau industri kecil maka bata ringan diproduksi dengan skala pabrik besar atau industri. Berbasis teknologi aerasi yang modern tepatnya teknologi CLC dan AAC. Teknologi ini lahir di Eropa kemudian dikembangkan di Swedia, kemudian Jerman. Teknologi bata ringan yang dari Jermanlah yang kemudian diadopsi untuk dikembangkan di Indonesia sampai saat ini walaupun peralatan dan mesinnya diimport ada yang dari China. Teknologi CLC atau Cellular Ligth Concrete adalah teknologi aerasi pembuatan bata ringan dengan pengeringan masih memanfaatkan sinar matahari dengan dijemur. Sedangkan teknologi AAC lebih modern lagi karena pembuatan bata ringan dengan aerasi dan dikeringkan dengan mesin autoclaved bertekanan tinggi. Jadi bata ringan ada 2 jenis yaitu bata ringan CLC dan bata ringan AAC. Yang jual bata ringan CLC dan AAC juga sudah banyak di Surabaya yang bisa didapatkan oleh masyarakat di Kota/Kabupaten Kediri.

Data Teknis dan Dimensi Ukuran

Bata ringan mempunyai data teknis sebagai berikut :
Kuat Tekan = 4 N/mm3
Berat = 600 - 700 kg/m3
Panjang = 60 cm
Lebar = 20 cm
Tinggi atau Tebal = 7,5 cm; 10 cm; 12,5 cm; 15 cm; 20 cm
Dengan beberapa pilihan ketebalan maka dapat disesuaikan dengan jenis peruntukkan pekerjaan dinding. Secara umum tebal bata ringan yang 10 cm itu sering digunakan oleh masyarakat umum untuk material dinding bangunannya.

Kelebihan Bata Ringan Dibandingkan Bata Merah

Karena bahan baku dan teknologi pembuatannya berbeda dan jauh lebih modern, maka bata ringan dibandingkan dengan bata merah konvensional maupun batako lebih memiliki keunggulan-keunggukan yaitu :
·         Bata ringan mempunyai bobot yang ringan dengan demikian dapat mengurangi beban struktur bangunan khususnya bangunan bertingkat.
·         Bata ringan mempunyai kuat tekan yang tinggi yang lebih kuat dibandingkan bata merah dan batako.
·         Ukuran yang Presisi dan bersudut siku membuat bata ringan mudah, praktis, rapi dan cepat pemasangannya.
·         Hemat karena bata ringan pemasangannya lebih cepat maka memberikan penghematan terhadap waktu maupun biaya pengerjaan/pemasangannya.
·         Bata ringan mempunyai daya serap air yang rendah karena diproduksi dengan teknologi aerasi sehingga tidak mudah lembab dan berjamur.
·         Insulasi Panas yang lebih tahan terhadap panas api sehingga mampu memberikan suhu ruangan yang lebih sejuk.
·         Ketahan Api yang lebih lama dibandingkan bata merah atau batako sehingga jika terjadi musibah kebakaran mampu memberikan waktu yang lebih panjang untuk tindakan darurat atau emergency.
·         Ramah Lingkungan.
Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat bata ringan menjadi pilihan pengganti bata merah konvensional. Peluang atau potensi bisnisnyapun menjadi dasar kenapa banyak berdiri pabrik-pabrik bata ringan di Jawa Timur serta banyak orang mulai tertarik untuk jual bata ringan.

Merk Bata Ringan di Kediri

Saat ini sudah ada 15 pabrik bata ringan AAC di Jawa Timur yang tersebar dibeberapa kota seperti Mojokerto, Krian Sidoarjo, Gempol Porong, Sedati Gresik, Balongbendo, Pasuruan dan Probolinggo. Beberapa merk bata ringan yang sudah beredar di pasaran bata ringan Jawa Timur yaitu :
·         Bata Ringan Citicon
·         Bata Ringan Grand Elephant
·         Bata RIngan Bricon
·         Bata Ringan Focon
·         Bata Ringan Blesscon
·         Bata Ringan Falcon
·         Bata Ringan Fastcon
·         Bata Ringan Ecoblock
·         Bata Ringan Great Wall
·         Bata Ringan Brix
·         Bata Ringan Optima
·         Bata Ringan Utomo
·         Bata Ringan Gracon
·         Bata Ringan ICC
·         Bata Ringan Priority One

Harga Bata Ringan

Tiap-tiap merk mempunyai harga jual bata ringan yang berbeda-beda disesuaikan dengan kualitas masing-masing merk walalupun secara umum kualitasnya adalah relatif tidak jauh berbeda. Hal ini dikarenakan bahan baku dan proses produksinya menggunakan teknologi yang sama. Perbedaan mungkin disebabkan komposisi campuran bahan, tekstrur dan peralatan mesin yang berbeda asal pembuatannya. Mesin dari China tentu saja akan berbeda dengan mesin yang dari Jerman tentunya harganya juga berbeda.
Namun secara umum harga bata ringan di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik dijual di kisaran harga Rp. 750.000 - 800.000/m3.

Baca Juga : Jual Bata Ringan di Jombang
Baca Juga : Jual Bata Ringan di Sidoarjo
Baca juga : Jual Bata Ringan di Mojokerto
Baca Juga : Jual Bata Ringan di Banyuwangi
Baca juga : Jual Panel Lantai di 2019

Jual Bata Ringan

PT. Tiga Mitra Surabaya merupakan salah satu distributor bata ringan sejak tahun 2012 yang jual bata ringan, semen mortar, panel lantai, panel dinding, panel sandwich Citicon dengan beberapa merk pilihan yang berkualitas. PT. Tiga Mitra Surabaya siap melayani seluruh kota di Jawa Timur dengan beberapa kantor cabang di Banyuwangi, Jember, Malang, Kediri, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Madiun hingga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain kota-kota di Jawa Timur juga melayani pengiriman ke kota-kota Jawa Tengah seperti Solo, Semarang, Purwodadi, Magelang, Pati, Rembang, Jepara, Kudus, Kendal, Batang, Brebes, Tegal, Purwokerto dan lainnya. Untuk luar pulau kami juga melayani pengiriman ke kota-kota di Kalimantan, Sulawesi, Ambon Maluku, Papua, Mataram Lombok, Kupang NTT, Labuhan Bajo NTT dan sebagainya.
Informasi dan pemesanan bata ringan, semen mortar, panel lantai dan panel dinding kirim ke Kota dan Kabupaten Kediri dapat menghubungi Customer Service kami di :
PT. Tiga Mitra Surabaya
Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan – Benowo – Surabaya 60198
Telp. (031) 51160405
Hp. 081231313222, 085100398222, 087852574222, 085331398222