Renovasi atau Bangun Rumah lebih Cepat Dengan Bata Ringan 

Bagi anda yang ingin atau sedang bangun rumah ataupun renovasi rumah, tentunya ingin sekali pengerjaannya membutuhkan waktu yang tidak lama seperti biasanya karena kesibukan yang padat, area lokasi yang padat penduduk, segera dapat ditempati ataupun digunakan untuk usaha sebab waktu adalah uang. Saat ini telah banyak toko bangunan yang jual bata ringan, tetapi apa kelebihan bata ringan dalam pekerjaan renovasi atau bangun rumah ?
Bata ringan dan panel lantai merupakan bahan bangunan dalam bentuk precast beton ringan yang sangat praktis dan cepat pengerjaan dapat menjadi pilihan cerdas anda dalam merenovasi maupun membangun rumah.
Bata ringan dan panel lantai tidak lagi didominasi oleh proyek-proyek besar gedung bertingkat namun sudah menjadi kebutuhan bagi pembangunan rumah tinggal dalam arti proyek rumahan skala kecilpun sudah bisa menggunakan bata ringan dan panel lantai walaupun volumenya tidak sebesar proyek gedung bertingkat.

Bata Ringan

Bata ringan adalah material bangunan untuk pasangan dinding yang masuk dalam kategori beton ringan. Tidak seperti bata merah, bata ringan merupakan adopsi material bahan bangunan dari Eropa. Pertama kali ditemukan di Swedia dan kemudian dikembangkan oleh Josef Hebel orang Jerman. Dikembangkan di Indonesia pertama kali pada tahun 1995 di Jakarta dengan merk Hebel. Dikembangkan atau diproduksi di Jawa Timur pada tahun 2005 dengan merk dagang Citicon berlokasi pabrik di Mojosari - Mojokerto. Jadi bata ringan Hebel adalah merk bata ringan yang pertama kali diproduksi di Indonesia, sehingga banyak orang menyebut bata ringan itu dengan sebutan bata hebel. Setelah 23 tahun sejak bata ringan diproduksi di Indonesia, saat ini telah banyak yang jual bata ringan karena semakin diminati untuk pekerjaan dinding bangunan.

  • Bahan Baku


Tidak seperti bata merah yang terbuat dari tanah liat atau batako dari adonan pasir semen maka bata ringan terbuat dari bahan-bahan pasir silika pilihan, kapur, gypsum, semen dan pasta pengembang. Perpaduan inilah yang menjadi bata ringan masuk dalam kategori beton ringan.

  • Proses Produksi


Proses produksinyapun jauh berbeda jika bata merah diproduksi secara manual di skala petani atau industri kecil maka bata ringan diproduksi dengan skala pabrik besar atau industri. Berbasis teknologi aerasi yang modern tepatnya teknologi CLC dan AAC. Teknologi ini lahir di Eropa kemudian dikembangkan di Swedia, kemudian Jerman. Teknologi bata ringan yang dari Jermanlah yang kemudian diadopsi untuk dikembangkan di Indonesia sampai saat ini walaupun peralatan dan mesinnya diimport ada yang dari China. Teknologi CLC atau Cellular Ligth Concrete adalah teknologi aerasi pembuatan bata ringan dengan pengeringan masih memanfaatkan sinar matahari dengan dijemur. Sedangkan teknologi AAC lebih modern lagi karena pembuatan bata ringan dengan aerasi dan dikeringkan dengan mesin autoclaved bertekanan tinggi. Jadi bata ringan ada 2 jenis yaitu bata ringan CLC dan bata ringan AAC. Yang jual bata ringan CLC dan AAC juga sudah banyak di Surabaya yang bisa didapatkan oleh masyarakat di sekitar Kecamatan Lakarsantri.

  • Spesifikasi


Data Teknis dan Dimensi Ukuran
Bata ringan mempunyai data teknis sebagai berikut :
Kuat Tekan = 4 N/mm3
Berat = 600 - 700 kg/m3
Panjang = 60 cm
Lebar = 20 cm
Tinggi atau Tebal = 7,5 cm; 10 cm; 12,5 cm; 15 cm; 20 cm
Dengan beberapa pilihan ketebalan maka dapat disesuaikan dengan jenis peruntukkan pekerjaan dinding. Secara umum tebal bata ringan yang 10 cm itu sering digunakan oleh masyarakat umum untuk material dinding bangunannya. Hampir di toko bangunan jual bata ringan dengan ketebalan 7,5 cm dan 10 cm, untuk ukuran ketebalan lebih dari 10 cm harus indent terlebih dahulu karena stock terbatas.


Keunggulan Bata Ringan

Bata ringan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan bata merah untuk pekerjaan bangun rumah maupun renovasi rumah yaitu :

  • Dari segi Produk, bata ringan lebih berbobot ringan, ketahanan terhadap api lebih baik, insulasi suara lebih kedap suara, kuat tekan yang lebih tinggi, bentuknya lebih presisi, ketersediaan stock lebih terjamin dari pada bata merah.
  • Dari segi pemasangannya : bata ringan lebih cepat karena dimensi ukuran yang lebih besar sehingga pemasangannyapun lebih cepat, Bobotnya yang lebih ringan sehingga dapat mengurangi beban struktur bangunan, bersudut siku serta presisi sehingga lebih rapi dengan demikian dapat menghemat pekerjaan finishingnya dalam hal ini plasteran dinding, perekatnya menggunakan thin bed semen mortar atau semen instan yang praktis hanya cukup penambahan air saja dengan spasi yang cukup 3 mm sehingga pengerjaan lebih cepat dan tidak perlu banyak tenaga kerja.
  • Dari segi harga, jika dilihat dari harga material memang harga bata ringan lebih mahal dari bata merah sebagai perbandingan 1 pcs bata ringan setara dengan 8 pcs bata merah, 1m3 bata ringan tebal 10 cm isi 83 dengan harga Rp. 700.000/m3 jadi harga 1 pcs bata ringan Rp. 8.450,- sedangkan harga bata merah Rp. 600,-/pcs maka perbandingan harganya 1 pcs bata ringan Rp. 8.450,- dibanding Rp. 4.800,- hampir 2 x harga bata ringan, namun dalam pekerjaannya bata ringan jauh lebih cepat dari bata merah dan mampu memberikan efisiensi tenaga kerja karena jumlah tenaga kerja tidak sebanyak pada bata merah yang pada akhirnya memberikan penghematan biaya tenaga kerja. Penghematan waktu pengerjaan juga dapat memberikan penghematan, bata ringan juga memberikan efisiensi pada pada pekerjaan finishing seperti plasteran maupun acian. Pada akhirnya secara akumulasi akhir anggaran biaya pengerjaan bangunan antara bata ringan dan panel lantai menjadi relatif hampir sama bahkan bisa lebih murah.

Aplikasi Bata Ringan 

Aplikasi  Bata ringan untuk bangun rumah ataupun renovasi rumah pada aplikasinya tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi pemasangan bata merah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam aplikasi bata ringan :
1. Menggunakan semen mortar atau semen instan thin bed sebagai perekat bata ringannya dengan alat bantu untuk menekan sebuah palu karet.
2. Selalu teliti dalam pemasangan terkait kerataan baik horisontal maupun vertikal dengan bantuan alat water pass dan tarikan benang.
3. Tiap susunan 3 bata ringan diberi stek pada kolom praktisnya untuk menambah kekuatan ikat pada struktur kolom betonnya.
4. Luasan dinding 12 m2 harus memakai kolom praktis atau ring pengikat.

Perbandingan Bata Ringan dengan Bata Merah.

Secara umum perbandingan aplikasi bata ringan dibanding bata merah yaitu :
  1. Bata ringan mempunyai kecepatan konstruksi sebesar 20 m2/hari sedangkan bata merah hanya 6-8 m2/hari, inilah yang disebutkan diatas dapat memberikan penghematan waktu dan biaya tenaga kerja.
  2. Bata Ringan mempunyai daya serap air sebesar 4-6 kg/m.h sedangkan bata merah sebesar 22-30 kg/m.h, sehingga bata ringan lebih kedap air anti lembab anti jamur sehingga menghemat biaya perawatan dinding seperti plaster, aci hingga cat dinding.
  3. Bata ringan hanya cukup dengan spesi 3 mm sedangkan bata merah 20-30 mm, memberikan penghematan pada material mortarnya karena dalam 1 m3 bata ringan hanya membutuhkan 1 zak semen mortar isi kemasan 40 kg dengan harga kisaran rp. 75.000 - 85.000/zak.
  4. Bata ringan memiliki bobot berat 595 kg/m3 sedangkan bata merah mencapai 1500 kg/m3,
  5. Bata ringan mempunyai insulasi panas sebesar 0,195 W/mK sedangkan bata merah sebesar 0,65 W/mK
  6. Bata ringan mempunyai ketahanan terhadap api selama > 3 jam sedangkan bata merah hanya 2 jam, sehingga mampu lebih memberikan rasa aman terhadap bahaya kebakaran.
Penggunaan bata ringan mampu memberikan efisiensi waktu sebesar 30% - 40% lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan bata merah. Jika asumsi pengerjaan dengan bata merah ditarget 3 bulan selesai maka dengan penggunaan bata ringan waktu pengerjaan bisa mencapai 2 bulan saja, lebih hemat biaya bukan ?
Dari beberapa penjelasan dan analisa diatas membuktikan bahwa bata ringan merupakan solusi cerdas dalam memilih material pasangan dinding rumah atau bangunan saat ini karena lebih memberikan kecepatan, kepraktisan, efisiensi waktu, efisiensi biaya tenaga kerja dan juga kuat tekan yang lebih baik dibandingkan dengan bata merah konvensional.

Informasi dan Pemesanan Bata Ringan

PT. Tiga Mitra Surabaya sebagai salah satu distributor bata ringan yang jual bata ringan dengan pilihan merk seperti : Citicon, Bricon, Grand elephant, Gracon, Falcon, Priority One, ICC, Optima beserta dengan semen mortar perekat bata ringan, plasteran dan acian. Kami juga melayani jasa bangun rumah atau renovasi rumah dengan menggunakan spek bahan bata ringan, semen mortar, panel lantai atau panel sandwich Citicon.
Informasi dan pemesanan bata ringan berbagai merk terbaik dengan harga bersaing dapat menghubungi :

PT. Tiga Mitra Surabaya
Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan - Benowo - Surabaya 60198
Telp. (031) 51160405, Hp. 081231313222, 087852574222, 085733098111

PT. Tiga Mitra Surabaya Cabang Jember
Jl. MT. Haryono no. 68 Jember
Telp. (0331) 323400 Hp. 082234615557, 087853574333

PT. Tiga Mitra Surabaya Cabang Malang
Jl. Ki Ageng Gribig gang 1 no. 16 Malang
Telp. (0341) 3022290 HP. 082132137447